Janis Joplin


 

   Gw hari ini pengen ngebahas penyanyi favorit gw lagi. Setelah Billie Holiday, kali ini gw mau ceritain tentang penyanyi yang bernama Janis Joplin. Banyak dari kalian pasti belum tahu, penyanyi yang satu ini ya. Gw kasih tahu nih, dia adalah seorang Penyanyi dan pencipta lagu Rock dia juga teman dekat dari Seorang gitaris terbaik, Jimi Hendirx dan Jim Morisson salah satu personel band The Doors. Dia aktif dari dekade 1960an sampai awal 70an. Dan sudah menghasilkan 4 album studio bersama 3 band yang berbeda dalam waktu yang singkat. 1.Big Bhrother And The Holding Company 2.Kozmic Blues Band dan Terakhir Full Tilt Boogie Band. Lagunya hitz nya adalah Me and Bobby Mc Gee. Yang sukses bersamaan dengan album terakhirnya yang berjudul Pearl. Beberapa bulan setelah ia meninggal dunia. Janis juga menjadi 100 penyanyi terbaik no. 28 dan 100 artis terbaik no. 47 versi majalah Rolling Stone. Tapi sayang usianya tak berlangsung lama, ia meninggal di usia nya ke 27 karena terlalu banyak minum di kamar hotelnya.

First Impression.

   Ok, saatnya bahas yang lain. Waktu itu gw lagi ngedengerin lagu2 nya Jimi Hendrix. Eh, tiba2 muncul nama Janis Joplin di sebelah kolom Jimi Hendrix. Akhirnya gw klik kolom tsb. Seketika, langsung muncul banyak albumnya. Di antara kumpulan album yang ada, nggak tahu kenapa gw tetarik sama album ke tiganya. yang gambarnya Janis Dengan rambut yang kayak memerah (mungkin pengaruh cahaya panggung) sambil nyanyi. Dan di sampul album nya itu, tampil tanpa text. Hanya gambar itu aja. Di album itu, gw terkesan bgt sama lagu maybe. Di lagu yang berirama blues itu, ada suara terompet yang dimainin secara grup. Belum lagi, suara Janis yang mengalun, nyaring dan sangat soulfull. Membuat gw langsung jatuh cinta sama suaranya dia. Sampe akhirnya lagu itu jadi most played No.1 di playlist gw.

Album

   Di 4 album Janis, bersama 3 bandnya. Janis mengusung berbagai genre, yang membuat nuansa albumnya terlihat berbeda2. Berikut beberapa albumnya :

Album pertama, bernama band yang membawa namanya menjadi terkenal yaitu Big Bhrother And The Holding Company. Berisikan 12 lagu, memiliki unsur rock ala2 tahun 63 - 64 an. seperti singlenya disitu yang berjudul “Down On Me” dan “Bye Bye Baby”. Tapi sayang, album ini kurang sukses secara komersial dan kurang diminati oleh penikat musik. Tak seperti album ke 2.

Album kedua berjudul Cheap Thrill’s. yang masih bersama band sebelumnya. lebih kental akan unsur Hard Rock yang lumayan absurd, dan mungkin susah dicerna sama orang yang awam dan penikmat lagu Easy Litsening. Albun ini berisikan 7 lagu. Dengan distrosi gitar yang lebih menonjol. Lagu2nya seperti “Catch Me Daddy”, yang menurut gw hampir mendekati unsur Heavy Metal karena ada Screamannya.

“Combination Of Two” lagu yang berduet sama Sam Andrew salah satu personel band tsb. Menampilkan sebuah duet maut, dimana suara Sam yang sedikit gila. Dicampur dengan, suara keras Joplin. Dan “Ball And Chain”. lagu yang pernah dibawakan di Monterey Music Festival di tahun 1967. Bersamaan dengan lagu Combination Of Two.

Album ketiganya, dengan Kozmic Blues Band. Berjudul I Got Dem All Kozmic Blues Again Mama. Sangat kental dengan unsur Blues dan Soulnya, di album ini berisi 8 lagu. beberapa diantaranya Seperti “Maybe”, “Try Just A Litle Bit Harder” lagu soul bertempo cepat nan menghentak, “Litle Girl Blue” lagu blues campur balada, dengan alunanya yang sangat nyaring.

Album terakhirnya yang berjudul Pearl, Berisikan 10 lagu. Bersama Full Tilt Boogie Band, album ini Mengusung genre Soul Rock dan Alternative Rock. dimana Instrumentnya lebih menonjol ke keyboard dan gitar melody yang nggak terlalu berat. Lagunya seperti “Cry Baby”, kental dengan spokennya yang ada di bridge lagu. “Me and Bobby Mc Gee” lagu cover dari lagu counrty di tahun 1969. “ Me And Mercedes Benz” Lagu Acapella, tanpa backing vocal dan merupakan lagu terpendek di Album ini.

   Nggak tahu kenapa lagu2 di semua albumnya, menurut gw sangat cocok dgn telinga dan mood gw. Dan Suaranya yang nyaring serta pekikannya yang beda dari yang lain. membuat gw makin suka sama Janis. Dari mulai lagu2 absurdnya yang lumayan gila, sampe yang slow. Janis bisa menyanyikannya dengan baik. Setelah mendengarkan lagu2nya, aku merasa ada banyak kesamaan dengan motif lagu2 artis lain dengan motif lagu Janis. Seperti Yer Blues di tahun 1968, dari The Beatles lagu ciptaan John Lennon yang Memakai distrosi gitar berat dan double track Vocal. Hampir sama motifnya dengan Ball n Chain tahun 1967, milik Janis tapi tanpa double track vocal. Contoh lagi, lagu “Dazed and Confused” di tahun 1968. Dibagian tempo cepatnya, Hampir sama dengan motif lagu yang berjudul “Catch me Daddy” di tahun 1968. Itulah beberapa kemiripan irama lagu2 Janis Joplin dengan lagu lain. Tapi kadang para kritikus musik dan orang yang fanatik. lebih mengakui mereka yang terkenal, daripada pendahulunya yang kurang familliar.

Sekian dulu artikel dari gw, semoga menambah wawasan pengetahuan musik kalian semua. Sampai jumpa lagi di postingan berikutnya.....

 

Komentar