Billie Holiday

 



Halo Semua, Kali ini aku akan membahas tentang penyanyi Jazz kesukaanku. Bernama “Elanora Fagan” atau nama panggungnya “Billie Holiday”. Walaupun artis ini udah jadul banget. Tapi karya2 nya nggak akan pernah lekang dimakan Zaman. Apalagi, dia adalah artis yang membawaku lebih jauh untuk mengenal musik jazz. Melalui lagu2nya yang melegenda, Khususnya Gloomy Sunday. siapa yang nggak tahu Gloomy Sunday. lagu ciptaan Rezso Serez ini, diubah lyricnya dan direkamnya ditahun 1941. Lagu ini lah, yang membuat Billie Holiday semakin popular. hingga, lagu ini dicap sebagai lagu bunuh diri. Karena, banyak yang berniat bunuh diri ketika mendengarkan lagu ini.

  Ok, kita tinggalkan cerita Gloomy Sunday. Sekarang beralih ke cerita yang lain.

“Tentang”

   Jadi, pertama aku mengetahui nama Billie Holiday itu dari aku kelas 2 Smp tepatnya ditahun 2013. Pada saat itu aku sedang membuka suatu situs streaming musik. Setelah itu aku membuka salah satu kanal artis di situs Tersebut. selanjutnya, aku search di familiar artist dan keluarlah beberapa kotak/URL berisi nama artisnya. dari beberapa nama tersebut, aku menemukan nama Billie Holiday, dan saat di click. Muncullah foto hitam-putih bergambar dirinya sedang duduk dengan memakai kain (nggak tahu warnanya apa, soalnya fotonya hitam putih sih. Jadi nggak kliatan deh, hehehe….). Dihiasi dengan background bergradasi abstrak. Pada saat itu aku belum mengetahui banyak lagu2 nya. Baru, pada awal 2014. Aku mengunduh beberapa lagunya. diantaranya adalah, I’ll Be Seeing You, So Easy To Love, A Foggy Day, Ps. I Love You. dua rekaman diantaranya, bersuara tak bersih Alias Mendem dan dua lainnya bersih. Pada saat itu aku bertanya2, kenapa bisa begitu ?. Setelah aku tahu, ternyata rekaman di tahun 30an dan 40an memang suaranya kurang bersih.

   Pada saat aku mendengar lagunya, nggak tahu kenapa aku merasa terhopnotis olehnya. Apalagi, suara yang ia miliki unik dan sangat berbeda dibandingkan suara penyanyi jazz lain. Yang suaranya dibagus-bagusin. Suara Billie Holiday tampil lebih apa adanya. Dengan pembawaan mengalun dan diseret-seret. Belum lagi, timbre suaranya yang agak nyaring dan sedikit cempreng. Membuatku semakin ketagihan untuk mendengarkan lagu2nya. Lagu “I’ll Be Seeing You” contoh nya, dengan tempo yang sangat lambat dan alunan yang khas milik Billie Holiday membuat lagu ini tampil Lesu, tapi dramatis.

   Setelah itu, di pertengahan tahun 2015. diriku memulai untuk mendengarkan lagu2 nya yang lain, dan aku memilah2 lagu mana yang bagus dan sesuai seleraku. untuk didunduh agar dimasukkan ke mp3 player. Total, sekitar 16 lagu tambahan aku unduh melalui Internet. Diantaranya, Auntumn In New York, Love Is Here To Stay, Blue Moon, Tenderly Dll. Yang melodinya sangat enak didengar. Hingga aku membuatkan playlist khusus untuk lagu2 nya. Karena lagu2 Billie Holiday bernuansa lembut, jadi enak buat menemani tidur malam (tapi kalo ngantuk, malah dimatiin juga lagunya.)

“Cerita Hidup”

   Billie Holiday, lahir pada tanggal 7, april ,1915. Ia mengawali karir bermusiknya pada tahun 1930an. Pada saat debutnya ia menyanyikan lagu Riffin The Stroch ditahun 1934. dan pada tahun 1939 Ia menyayikan lagunya yang berjudul Strange Fruit. Lagunya, bertemakan gantung diri di sebuah pohon. Jasad yang bergelantungan itulah, yang dinamakan “Strange Fruit” / buah aneh. Dan membuat nama Billie Holiday semakin melambung, sekaligus menjadi Signature song/ lagu khas Billie Holiday. Tetapi namanya makin terkenal di tahun 1941, berkat lagu God Bless The Child, dan Gloomy Sunday. Yang masih terkenal sampai sekarang. Tapi semenjak iitlah Billie Holiday mulai kecanduan Obat bius, dan minum2an keras. ditahun 1944, ia merekam lagu I’ll Be Seeing You. Tetapi ia hanya Mengcover saja lagu tersebut. Dan lumayan sukses. Kesuksesan mulai, kembali di tahun 1947. dimana ia membintangi Film New Orleans, Bersama Louis Amstrong. dan setahun kemudian di tahun 1948. Ia merekam lagu I Love You Porgy. ditahun 1952 Billie Holiday merekam album pertamanya yang berjudul Billie Holiday sing’s. Total ada 12 album studio yang dihasilkan sampai akhir hayatnya. albummya yang diberi rating bagus, di beberapa majalah musik adalah album. “Lady In Satin” tahun 1958. Sayang ditahun 1959, ia meninggal di Rumah sakit Metropolitan akibat penyakit Cirrhosis pada livernya di usia yang masih tergolong muda yaitu 44 tahun. Pada tahun 1972, kisah Billie Holiday, diangkat kedalam sebuah film bertajuk Lady Sing The Blue’s. Dimana, penyanyi mantan personel The Supremes Diana Ross lah yang memerankannya. Nama film ini, diambil dari lagu yang direkamnya di tahun 1956 dari album studio ke 7. Dengan judul yang sama.

   Total pengharhaan, yang sudah diadapatkan Billie Holiday ada 12 Grammy Award yang semuanya diserahkan secara Posthumoust/ setelah meninggal. Tapi sayang hanya beberapa majalah saja yang mengkritik bagus karya2nya dan jarang sekali Billie Holiday masuk kedalam daftar Album, Artis terbaik, lagu terbaik Dll. Paling namanya masuk kedalam List, penyanyi/ musisi jazz terbaik No 7.

“Akhir Kata”

 Billie Holiday, sudah menjadi legenda hidup buat diriku. Apalagi dengan musikalitas yang patut diacungi jempol. harusnya ia bisa masuk list 500 album terbaik peringkat 20an. karena menurutku, album tersebut berisi lagu2 yang kalo didengerin lebih dalam lagi. Maknanya sangat bagus. Ya, tapi mau bagaimana lagi para kritikus musik kurang merespon positif.

“Sekian dulu postingan kali ini, semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian semua. Agar menambah wawasan bermusik anda.”

Komentar